Senin, 27 Februari 2012

Ketika Gue Donor Darah

Minggu, 29 Januari 2012. seperti biasa, gue bangun dari tidur masih di kamar yg sama, dengan angin yg sama, dan juga perasaan yg sama. gue menunda sholat subuh gue, karena masih sibuk mengumpulkan sebagian nyawa gue yg pergi ke Surabaya. entah ngapain dia disana? mungkin mejeng di jembatan merah, atau kesasar di Tanjung Perak?

jam 06.30 | gue baru turun dari kamar, ngambil air wudhu, lalu sholat. ya, sholat subuh. setelah itu gue menyalakan RCTI, acara: Larva, Shincan, Doraemon. tapi pagi ini, ketiga acara itu gak bisa bikin gue ketawa kayak Minggu pagi yg sebelum-sebelumnya.
 

saat sedang ngelihat peri danau keluar dengan dorayaki jumbo, tiba-tiba sebuah sms masuk ke HP gue, pukul 08.19, dari teman SMA gue, dia ngajakin gue donor darah. sebenarnya gue malas, ya, malas. gue jawab aja "gue ngeliat doang ya,". setelah itu gue mandi, dan jam 10 kita berdua berangkat dari rumah gue menuju PMI pusat, JKT.

~ ~
di dalam ruang informasi, teman gue diperiksa HB nya, 16 koma 5, bisa donor. gue?? karena merasa yakin HB gue tinggi, kayak yg kemarin-kemarin, yaudah gue iseng aja ikutan. JANGKRIIIK, ternyata bisa juga, 16 koma 6. okelah, gue jadi ikutan.

formulir donor udah diisi, kartu donorpun udah dikasih ke petugas PMI. jadilah kita berdua nunggu giliran di ruang tunggu.


"Lid, kok gue jadi ikutan gini?" kata gue di samping seorang teman yg namanya Cholid. dia adalah teman gue dari SMA. badannya gede, cukuplah buat kurban 5 RT | "gak apa apalah, Jay, temenin gue. lagian kan setetes darah anda nyawa mereka," jawabnya elegan. maklum, dulunya dia adalah anggota PMR sekolah. (padahal kalimatnya nyontek dari bis PMI yg diparkir didepan).


gue jadi kepikiran. kenapa ya, kadang, apa yg diniat-niatin, pake doa segala, malah nggak terjadi? ehh yg nggak diniat-niatin a.k.a iseng, malah terjadi? mungkin semua emang udah ada jalan ceritaNya kali ya? mungkin.


a few minute's later


"bapak Zayyinu, bapak Cholid," muncul suara panggilan bedebah itu dari speaker ruangan. apa-apaan ini?!! bapak?? gue belum nikah om!! gue masih muda, masih 21 tahun!! waaahh, pelanggaran ini, bisa gue laporin ke komnas perlindungan anak. kak Seto, saya digituin kak, tolong!! tuh, kak Seto aja yg udah jelas bapak-bapak masih dipanggil 'kakak', se-Indonesia pula yg manggil kakak. ini gak adil mas bro sob !!


oke, dengan rasa kecewa karena gue dipanggil bapak, gue masuk dengan terpaksa ke ruang donor. JREENG JEEENG . . . . ternyata banyak banget tempat berbaringnya, pendonornya, susternya, jarumnya. haddeuh


gue celingak-celinguk, kira-kira ada nggak ya teman cewe sekolah gue yg dinas disini? ternyata nggak ada, karena mereka masih pada kuliah smester 6, mungkin 6 bulan lagi udah ada yg dinas disini.


gue mendatangi sebuah meja besar dengan suster-suster berdiri menghiasi dibelakangnya.

lalu, seorang suster bilang ke gue, "bapak Zayyinu ya?" | "iya," jawab gue. heran. ini emang guenya yg kelihatan nggak muda, atau emang pegawai-pegawainya yg harus konsultasi sikologi dulu ke Tika Bisono?? | "setelah mencuci siku tangan, bapak Zayyinu silakan langsung tiduran disana pak," kata suster itu masih dengan kata 'bapak'. dia menunjukkan sebuah (apa ya? sebuah tempat berbaring gitu, tapi bukan kursi, kasur, apalagi keset. gue sebut aja BloodPlace ya / BP) yg urutan keempat, sedangkan Cholid di BP urutan kesatu.

gue udah siap jiwa dan raga. gue berbaring di BP gue, datanglah seorang suster. JLEEB!! assem bener, jarumnya segede Cholid.


"kenapa mas? kok merem? takut ya sama jarum?" kata susternya disamping gue. alhamdulillah, sujud syukur, akhirnya ada juga yg mengakui status gue sebagai 'mas-mas' | "nggak, sus. saya bukannya takut sama jarum, saya geli," kata gue sekenanya. 

~ ~
saat darah gue masih mengalir ke kantung darah, gue malah khusyuk ngelihatin suster kecil yg berada di BP sebelah sana, dan mengabaikan suster besar yg jelas-jelas daritadi ada disamping menemani gw.

suster kecil yg lagi gue liatin itu cakep, lucu, mungil, (ini beneran suster lho, bukan marmut merah jambu, apalagi Hamtaro). hemmm, mungkin lagi PKL disini kali ya?

~ ~
kantung darah gue hampir penuh CC nya. suster disamping gue pun bersiap meng-anukan selang dan jarum yg masih menusuk ditangan gue. tiba-tiba . . . Jreng Jeeng / Dem Dem Deeem . . . Cholid udah berdiri disamping BP gue. cepet bener? perasaan mulainya duluan gue deh?? oiyya, stok darahnya Cholid kan emang berlimpah, jadi gampang banget nyedotnya.

terus? ujuk ujuk si Cholid ini ngomong pelan ke gue. "Jay, itu," kata dia mengarahkan pandangannya pada suster kecil yg daritadi gue perhatiin juga.

kebetulan banget, karena si suster juga melihat gelagat mencurigakan dari Cholid, yaudah, iseng, gue bilang aja. "sus, kata temen saya, salam ya buat suster yg itu," | "yg mana? yg pake seragam ijo?" | "bukan sus, yg sebelah kirinya," | "yg muda itu?? iya deh mas. tapi, sebentar lagi dia mau nikah," |

PRAAANNK !! mendengar kata 'nikah', gue jadi kempes, badan gue kebawa angin keluar ke jalan raya Matraman, terus kelindes gerobaknya abang gorengan yg 'jual tahu tempe, bakwan pisang ada, cireng ubi kue bola'.

gue langsung mikir nih, iya juga sih. temen-temen gue (yg seangkatan) aja udah banyak yg nikah. lah gue?? pekerjaan tetap aja belum punya. mau dikasih makan apa nantinya anak istri gw? CINTA?? kunyah dah itu cinta goreng. kalo emang cinta bisa bikin kenyang, kenapa juga masih banyak anak-anak di pedesaan yg kelaparan?? padahal kan, kadar cinta di pedesaan lebih pekat daripada yg di perkotaan?? padahal kan, anak-anak itu dibuatnya atas nama cinta juga??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar