Rabu, 28 Maret 2012

Oleh-Oleh Dari Nyokap

Minggu siang kemarin, sekitar jam setengah sebelasan, gue pergi ke terminal Pulogadung untuk ngejemput Nyokap yg baru pulang dari Surabaya.

"halo, asalamualaikum," salam dari Nyokap via sambungan telepon.

"wa alaikumsalam, udah sampe di mana, mak?"

"ini lagi di tol, sebentar lagi jg sampe Pulogadung. kamu lagi ngapain, Nu?" tanya Nyokap lagi.

"lagi nggak ngapa-ngapain, Mak, kenapa?"

"mau ngejemput Emak nggak, Nu?"

"mau mau,"

"nanti ketemuannya di tempat angkot dua satu ya, Nu,"

"iya iya, Mak, oke," kata gue, iya iya aja, padahal gue nggak tau itu ada di sebelah mana.

itulah sekilas percakapan antara gue dan Nyokap via telepon sblm gue berangkat ke terminal Pulogadung. oiyya, gue pergi ke terminal Pulogadung sama Bokap naik mobil dinasnya.

sesampainya di terminal Pulogadung, gue turun dan Bokap menunggu di luaran terminal.

gue masuk dari pintu masuk utama terminal Pulogadung, dan gue bergegas menuju tempat dimana angkot-angkot kecil biasa berada.

nggak lama, Nyokap nelpon gue.

"Nu, kamu udah sampe mana? Emak udah di Pulogadung nih,"

"iya, Mak, ini Dikin jg udah di dlm Pulogadung kok," gue mengangkat telepon sambil jalan, kemudian gue mulai berlari.

"Emak lagi di deket tukang duku nih, di tempat yg bnyk angkot dua satu pada lewat,"

"ohh iya iya, Mak," kata gue, masih sambil lari-lari.

"yaudah, Emak tungguin nih ya," kata Nyokap, kemudian dia menutup sambungan telepon setelah gue mengiyakan pesannya.

terus, gue mikir (yg pastinya masih sambil lari-lari), tukang duku di terminal Pulogadung tuh adanya di sebelah mana coba?? seandainya gue punya google map? Huuft

tapi, satu petunjuk lain dari Nyokap yg dia bilang tadi, "di tempat yg bnyk angkot dua satu pada lewat,", membuat gue tau dimana posisinya, pasti di pinggiran track yg mau ke arah pintu keluar utama terminal.

nggak lama, Bokap nelpon gue, "Kin, udah ketemu sama Emak apa blm? kata Emak, tadi dia ada di dekat tukang duku,".

ya ampun, tukang duku lagi tukang duku lagi??

"iya iya, pak," jawab gue, masih sambil lari jg.

mungkin, orang-orang di dlm terminal yg ngeliat gue pada beranggapan begini, "ngapain sih tuh orang lari-lari sambil nelpon segala? lagi ikutan acara uang kaget ya??".

orang yg lainnya menjawab, "bukan, kalo ikutan acara uang kaget mah pasti ada kameranya yg ngejar-ngejar, ada Helmi Yahyanya jg. lah ini?? nggak ada tuh, berarti bukan. mungkin dia anggota Densus Songo Songo yg lagi ngejar bandar narkoba,".

tiga belas hari nggak ketemu Nyokap, membuat gue nggak mempedulikan apa-apa tanggapan orang. BOAM. yg gue tau, Nyokap lagi nungguin gue, dan gue harus secepatnya sampe ke tempat dimana dia nungguin gue. (terdengar agak berle ya?)

setelah lumayan ngos-ngosan karena lari-lari, akhirnya gue bisa nemuin Nyokap. ternyata bener prediksi gue, Nyokap pasti nunggu di pinggiran track yg mau keluar pintu utama terminal. nggak percuma deh dulu gue kalo atletik naik angkot mulu, lewat terminal Pulogadung mulu.

begitu ketemu Nyokap, gue langsung saliman. siang itu Nyokap menggunakan jilbab berwarna ungu, baju berwarna ungu, dan celana yg jg berwarna ungu. gue sempat curiga, jangan-jangan Nyokap abis nonton konsernya band Ungu?!! hahaa, nggak lah, Nyokap gue kan fansnya Betharia Sonata.

Pulangkan saja aku pada ibuku atau ayahku.
Dulu segenggam emas kau pinang aku.
Dulu bersumpah janji di depan saksi.
Namun semua hilanglah sudah ditelan dusta.
Namun semua tinggal cerita hati yg luka. (lho? kenapa malah nyanyi ini?)

gue menuntun Nyokap ke tempat dimana Bokap berada. dan kita bertigapun pulang ke rumah, Jln Kayu Tinggi no 30.

ketika sampe di rumah, Nyokap istirahat sebentar, dan kemudian dia langsung membuka barang-barang yg dibawanya dari Surabaya. yaa, bisa dibilang semacam oleh-oleh gitulah.

tali rapiah pengikat kardus telah dipotong, satu persatu oleh-oleh pun mulai dikeluarkan. gue hanya menonton, sambil sesekali mengomentari dgn ocehan-ocehan gue yg 'nggak jelas'.

oleh-oleh pertama yg dikeluarin dari dlm kardus, Wingko Babat beberapa pcs kotak kecil, cakep.

oleh-oleh kedua, dua bungkus Sambal Petis, mantab, sambal khas Surabaya yg digunakan sebagai teman menyantap martabak telur.

oleh-oleh ketiga, Ikan Asap, ajieb tingkat dewa nih.

oleh-oleh selanjutnya, Kue Wajik, Kue Bolu, dan Usus Goreng Kemasan, masih asik.

oleh-oleh yg lainnya, mulai aneh, Sendal Jepit?? kenapa harus sendal jepit yg dibawain sebagai oleh-oleh? apa sendal jepit made in Surabaya itu bisa memperbaiki kaki yg pecah-pecah dan berwarna kehitaman?

at least, the most valuable present from my lovely mother is, Pete. gue ketawa geli begitu ngeliat Nyokap ngeluarin pete. ini apaaa coba maksudnya?! kurang dahsyat apa sih pete pete kelahiran Jakarta sampe harus bawa pete dari Surabaya?? atau, jangan-jangan pete Surabaya bisa menghasilkan sensasi cool yg menyegarkan, serta wangi yg tahan lama setelah dimakan?? iyakah? gokiiil gokil.

terus, ujug-ujug, Nyokap ngomong gini ke gue, "Emak nggak beli Brem, Nu, soalnya nggak ada yg jualan Brem di dlm busnya, kalo naik kereta pasti Emak beliin kok,".

heyy what?! Minggu siang kemarin itu gue sama sekali nggak nyeletuk tentang 'Brem', tapi, ujug-ujug Nyokap malah ngomong gitu. ternyata, Nyokap masih inget kesukaan gue tiap kali gue pulang kampung, yaitu, Brem.

gue cuma senyam-senyum aja ngejawabnya, walaupun sebenarnya dlm hati gue ngomong gini, "yaelaahh, selow aja, Mak. Emak bisa pulang selamat aja Dikin udah seneng,".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar